Madakaripura Waterfall


Harusnya review tentang tempat wisata ini sudah hadir sejak post terkahir tentang Bromo. Cuman berhubung lagi males nge-review tempat wisata jadi baru kesampaian sekarang. Mengingat, bentar lagi kan liburan. pasti butuh info tentang next destination kan? Butuh yang sedikit menantang dan menarik? Bisa sih, dari Bromo jangan langsung buru-buru turun. Nggak jauh dari Taman Wisata Alam Bromo ada yang namanya Air Terjun Madakaripura.

Lokasinya tidak jauh dari lautan pasir Bromo, hanya sekitar 45 menit ke arah Probolinggo (ke Utara). Perjalanan dari depan menuju air terjunnya sendiri sekitar 15 menitan dengan melewati jalan setapak yang kurang bagus bahkan kita bisa melewati tanah yang basah ataupun bebatuan. Saran saya si, pake sepatu atau sendal yang nyaman biar mudah bergerak. Karena medannya agak “lumayan” buat tracking apalagi bawa kamera. haha.
Selama perjalanan, pamandangan yang disuguhkan tidak kalah indah, dengan pemandangan hutan, suara aliran sungai yang berbatu-batu ditambah semaraknya kicauan burung dan alam yang berbaur menjadi satu.

Dari sini, kita sudah bisa melihat indahnya air terjun. Hati-hati, kalian tidak bisa menghindar dari yang namanya basah! Karena untuk melihat air terjun yang sesungguhnya kita perlu berjalan lagi lebih dalam.
Tenang saja, ada yang menyediakan fasilitas semacam ojek payung di sana. karena jika membawa kamera, dan kamera tersebut tidak tahan air, lebih baik menyewa daripada kalian kehilangan momen🙂

Ketika kita berjalan lebih masuk ke dalam dan sedikit berjalan mlipir melewati tebing, maka..kita merasa berada di dalam ruangan. Alam. bentuknya seperti tabung. Berdiri di dalam ruangan alam ini kita akan merasa seolah berada di dasar sebuah tabung, dimana air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 200 meter, dengan air yang jatuh dengan derasnya dari atas dan berubah menjadi selembut kapas ke kolam berwarna kehijauan.

Berada di dasar tabung seperti ini memberikan kesan tersendiri. di mana, jarang sekali ada air terjun seperti ini. Saya pun harus mengatakan WOW dan betah berlama-lama untuk berada di sini.

Yah! Ini adalah salah satu wisata alam terbaik yang pernah saya kunjungi dan saya berharap bisa berkunjung lagi ke sini. Mungkin tidak banyak yang tahu karena terkadang kawasan wisata ini ditutup karena longsor.
Happy Travelling🙂

Peace and Love
Febrina Widihapsari