Soegija : The Untold Story + Komentar.


Lux Veritatis 7

Sejak 7 Juni 2012 Film Soegija yang mengisahkan tentang Uskup pribumi pertama, Mgr. Soegijapranata SJ. Film tersebut bercerita tentang perjuangan yang dilakukan sang uskup saat Indonesia hendak mempertahankan kemerdekaannya. Sebelum saya memberikan penilaian tentang film ini, saya ingin sedikit menuliskan tentang kisah masa kecil Soegija yang tidak terdapat di film tersebut.

Soegjia awalnya bukanlah seorang katolik. Keluarganya beragama Islam. Pada umur 13 tahun, ia datang ke Kolose Fransiskus Xaverius hendak menimba ilmu di sebuah sekolah katoik. Ia sama sekali tidak berniat untuk menjadi seorang katolik. Awalnya orang tuanya agak ragu mendengar keinginannya untuk bersekolah di sekolah katolik, namun toh mereka tetap mengijinkannya.

“Saya hanya mau belajar untuk menjadi guru disini. Tidak mau masuk kristen” – Soegija, diucapkan ketika bertemu dengan Romo Frans van Lith dan rektor kolese, Pater J.A.A. Martens

Kita melihat bagaimana Soegija dengan berani menyatakan keinginannya. Dan akhirnya ia pun dibebaskan dari pelajaran agama katolik dan ibadat katolik.

View original post 934 more words